HeadlineWawaIndonesiaWawayWawayPemerintahWawayWisataBudaya

WALIKOTA BANDARLAMPUNG PEROLEH GELAR ADAT ‘BATIN MUSTIKA CAHAYA MARGA’

BANDARLAMPUNG, BUMIWAWAY.ID – Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana menjalankan prosesi adat pemberian gelar adat Lampung yang diberikan dalam Ngangkon daku muakhi antara Gusti Pangeran Igama Ratu Marga (Lamban Dalom, Rumah Adat Kebandaran Marga Balak) Kelurahan Negeri Olok Gading, Kecamatan TBB. Rabu (27/12).

Prosesi adat yang berlangsung di Taman Rekreasi Sumur Putri dimulai dengan proses arak-arakan dimana Walikota Bandar Lampung di gotong memakai Jempana diiringin oleh para perwatin dan para raja dengan ciri khas tabuhan rabana yang ikut memeriahkan prosesi arak-arakan tersebut.

Kemudian, acara pemberian gelar tersebut dilanjutkan dengan proses palang pintu, persembahan Tari-tarian, igol kemuakhian, dan pancak haji, serta pangan kibau (ramah-tamah).

Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana mengaku sangat bangga atas pemberian gelar Batin mustika cahaya marga yang diberikan kepada dirinya dalam prosesi adat tersebut.

Baca Juga  DIDUGA HENDAK TAWURAN, POLRESTA BANDARLAMPUNG BUBARKAN PULUHAN REMAJA

“Ini luarbiasa apalagi bunda Eva disini di angkoni saudara pangeran menjadi batin mustika cahaya marga dan ini amanah. Insyallah bunda Eva melakukan sesuai dengan harapan raja-raja terdahulu untuk masyarakat dan juga daerah yg kita cintai,” ujar Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana usai prosesi adat pemberian gelar di Taman Rekreasi Sumur Putri.

Dalam kesempatan ini, bunda Eva, sapaan akrabnya menyampaikan harapan agar generasi muda dapat terus menjaga budaya dan memperkenalkan hingga mancanegara.

“Tetap dijaga, bukan tingkat nasional juga tapi internasional, ini semua akan kita sosialisasikan terus supaya bukan hanya di Bandar Lampung tapi juga untuk Provinsi Lampung,” terangnya.

Eva menerangkan bahwa cagar budaya di kota Bandar Lampung harus dilestarikan supaya anak-anak muda milenial paham akan adat istiadat.

Baca Juga  PEMKOT BANDARLAMPUNG GELAR FORUM KONSULTASI PUBLIK RPJPD

“Walaupun adat istiadat kita menjalankannya cukup rumit dan juga banyak hal yang belum diketahui anak-anak milenial, tapi ini harus kita ketahui supaya milenial tau. Mungkin kedepan anak-anak milineal akan kita undang supaya merayakan dan juga tau adat istiadat Lampung ini luarbiasa,” jelasnya.

Kemudian, M.Yusuf Erdiansyah Putra, S.Kom gelar Gusti pangeran igama ratu mengatakan, kegiatan ini dilakukan guna mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan di Kota Bandar Lampung.

“Supaya warga Bandar Lampung kedepan tidak ada hambatan lain. Sehingga makin banyak saudara semakin banyak hubungan yang pasti kita berharap silaturahmi yang sudah terjalin ini akan terus langgeng sampai akhir hayat,” harapnya.

Beliau juga menghimbau kepada masyarakat lainnya agar dapat melestarikan budaya karena ini adalah amanah dari nenek moyang. “Semoga ini pr kita untuk meneruskan kepada anak-anak muda,” harapnya.

Baca Juga  WALIKOTA EVA DAN DELEGASI PEMKOT BANDARLAMPUNG HADIR DI PEMBUKAAN RAKERNAS XVI APEKSI

Dirinya juga menjelaskan arti gelar Batin Mustika Cahaya Marga yang diberikan kepada Walikota Eva Dwiana

” Batin itu adalah kedudukan tertinggi untuk saudara perempuan yang kita anggap puakhi dan mustika pamungkas, cahaya itu adalah penerang, marga itu adalah marga, kita berharap bunda dapat menjadi pamungkas sekaligus penerang itulah harapan dan doa kita,” jelasnya.

Diketahui, dalam prosesi adat tersebut Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana mengenakan pakaian adat lampung pepadun dengan ciri khas baju dari sulam usus dan siger sebagai lambang mahkota adat lampung, tapis serta perhiasan adat lampung yakni seraja bulan, bebe, kalung papan jajar, selempang pinang, ikat pinggang, dan gelang kano, serta gelang bibit. (Din/AA)

Loading

2 komentar pada “WALIKOTA BANDARLAMPUNG PEROLEH GELAR ADAT ‘BATIN MUSTIKA CAHAYA MARGA’

  • This article opened my eyes, I can feel your mood, your thoughts, it seems very wonderful. I hope to see more articles like this. thanks for sharing.

    Balas
  • I don’t even know how I ended up here, but I thought this post was great.
    I do not know who you are but certainly you are going to a famous blogger if you aren’t already
    😉 Cheers!

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *