HeadlineWawaIndonesiaWawayWawayGayaHidupWawayWarna

STOP KEBIASAAN BURUK YANGBISA MEMBUAT RAMBUT MENIPIS

BUMIWAWAY.ID – Ladies, tidak dapat dipungkiri bahwa setiap perempuan memiliki permasalahan rambut. Mulai dari rambut bercabang, berketombe, kusam, hingga rambut yang menipis. Hal ini tentu bisa memengaruhi rasa kepercayaan diri.

Bicara soal rambut tipis, ternyata ada beberapa kebiasaan yang mungkin tanpa sadar dilakukan bisa membuat akar rambut lemah dan akhirnya rontok. Seiring berjalannya waktu, hal ini bisa membuat rambut kamu tipis, lho.

Menurut American Academy of Dermatologists, jumlah kerontokan rambut normal perhari adalah sekitar 50 hingga 100 helai. Jika lebih dari itu maka dapat menyebabkan penipisan rambut dan hilangnya volume rambut.

Agar tidak terjadi hal tersebut, berikut ini beberapa kebiasaan yang mungkin tanpa sadar dilakukan membuat rambutmu semakin tipis. Kira-kira apa saja ya?

1. Pola makan yang tidak sehat

Baca Juga  Sentra Vaksinasi Lampu Merah

Dikutip dari Health Shots, pola makan atau diet ternyata memengaruhi kesehatan rambut. Pola makan yang tidak sehat ini bisa membuat tubuh kehilangan nutrisi. Maka bisa membuat akar rambut menjadi lemah dan mudah rontok.

2. Mengikat rambut terlalu kencang

Menarik rambut ke belakang atau sering disebut kuncir kuda juga bisa menyebabkan penipisan rambut. Terlebih jika kamu mengikat rambut terlalu kencang.

Tarikan dan ketegangan konstan karena ikat rambut bisa merusak folikel rambut. Bahkan dalam kasus terburuk bisa menyebabkan alopecia traksi, suatu kondisi di mana folikel melemah secara permanen dan bisa menyebabkan kebotakan.

Untuk itu, perempuan disarankan mengikat rambut tidak terlalu kencang dan gunakan scrunchies atau ikat rambut yang berbahan lembut.

3. Terlalu sering menggunakan alat styling rambut

Baca Juga  KASUS OMICRON SEMAKIN BERTAMBAH

Hairdryer dan catokan menjadi alat penata rambut yang wajib dimiliki para perempuan. Namun, jika alat styling rambut ini terlalu sering digunakan bisa membuat rambut jadi semakin tipis, lho.

Beberapa alat panas tidak dirancang untuk bisa mengontrol suhu sehingga hanya memiliki satu pengaturan atau opsi dasar rendah, sedang, dan tinggi. Paparan panas tinggi dari alat penata rambut bisa mengubah bentuk helaian keratin rambut menjadi lebih lemah. Nantinya rambut akan kehilangan elastisitasnya dan menjadi lebih rentan mengalami kerontokan.

4. Stres
Sudah jadi rahasia umum bahwa stres memiliki pengaruh buruk terhadap tubuh. Ternyata ini juga bisa membuat rambut menjadi lebih tipis, lho.

Ketika stres, hormon kortisol (hormon stres) diproduksi terlalu banyak oleh tubuh. Akhirnya menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang memengaruhi gangguan pada siklus pertumbuhan rambut dan membuat rambut semakin tipis.

Baca Juga  WALIKOTA EVA MINTA KETUA PN BARU BISA JALIN KERJASAMA DAN BERKOLABORASI

5. Menyisir rambut dengan cara yang salah

Sering disepelekan, ternyata menyisir rambut dengan cara yang tidak tepat juga bisa membuat rambut menjadi rontok. Jika hal ini dilakukan dalam jangka waktu yang lama maka bisa membuat rambut semakin tipis.

Hindari menyisir rambut dari kulit kepala. Sebaiknya rambut disisir dari bagian tengah untuk menghindari kusut hingga picu kerontokan. Cobalah untuk mulai menyisir dari bagian bawah atau ujung rambut dan perlahan-lahan lanjutkan ke bagian atas, namun jangan sampai ke akar. Cara ini efektif untuk mencegah rambut kusut dan rontok.

Nah, itu tadi beberapa kebiasaan yang tanpa sadar sering disepelekan, namun ternyata bisa membuat rambut semakin tipis. Perhatikan ya, Ladies! (Ist/TSF/AA)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *