HeadlineWawaIndonesiaWawayWawayGayaHidupWawayWarna

OBAT TIDUR UNTUK IBU HAMIL, APAKAH AMAN DIKONSUMSI?

BUMIWAWAY.ID – Saat hamil, wanita umumnya akan mengalami berbagai perubahan dalam hidupnya, mulai dari penampilan fisik hingga jam tidur. Ya Moms, beberapa ibu hamil mungkin merasa mudah lelah dan mengantuk setiap waktu. Namun, tak sedikit pula yang justru sulit tidur pada malam hari. Salah satu penyebabnya adalah rasa nyeri di bagian tubuh tertentu atau sulit menemukan posisi tidur yang nyaman.

Nah Moms, sebelum hamil, ibu mungkin akan mengatasi masalah sulit tidur dengan mengkonsumsi obat tidur. Namun, apakah hal itu boleh dilakukan saat hamil? Simak penjelasan berikut ini sebagaimana dikutip dari Verywell Family.

Baca Juga  KETUA DPRD LAMPUNG TERIMA KUNJUNGAN PENGURUS P3A

Ibu Hamil Minum Obat Tidur, Boleh Enggak Ya?

Salah satu kandungan yang terdapat dalam obat tidur adalah melatonin. Kandungan tersebut sebenarnya sudah ada dalam tubuh manusia berupa hormon yang diproduksi secara alami untuk mengatur siklus tidur. Namun, beberapa orang yang sulit tidur membutuhkan suplemen melatonin agar ia bisa mengantuk dan terlelap.

Sejauh ini, belum ada penelitian yang menunjukkan efektivitas dan keamanan melatonin sintetis dalam obat tidur pada ibu hamil.

“Saat ini, hanya ada sedikit data keamanan terkait penggunaan melatonin dalam kehamilan. Meskipun kami tidak memiliki data untuk menunjukkan bukti bahaya yang jelas, kami juga kekurangan data untuk menunjukkan bahwa suplemen ini aman,” jelas obgyn Danielle Jones, MD.

Baca Juga  PELAKU BAJING LOMPAT YANG BERAKSI DI JALAN SOEKARNO-HATTA (BAYPASS) BERHASIL DIAMANKAN TIM GABUNGAN ANTI BEGAL

Sebuah penelitian pada tahun 2022 menyebutkan bahwa melatonin kemungkinan aman untuk ibu hamil dan menyusui. Meski begitu, penelitian tersebut memiliki kekurangan karena tidak memeriksa kemanjuran dan efek samping melatonin secara spesifik.

Cara Alternatif untuk Mengatasi Sulit Tidur saat Hamil

Alih-alih mengkonsumsi melatonin dalam obat tidur, ada beberapa cara alternatif yang dapat dilakukan untuk mengatasi sulit tidur saat hamil, yaitu sebagai berikut.

  1. Hindari menonton TV atau bermain gadget di tempat tidur,
  2. Berlatih meditasi dan latihan pernapasan sebelum tidur,
  3. Menggunakan bantal yang nyaman,
  4. Membuat jadwal tidur yang rutin dan teratur.
Baca Juga  KETUA DPRD MINGRUM GUMAY HADIRI PISAH SAMBUT KAPOLDA LAMPUNG

Jika masalah tidur tak kunjung mereda, segera konsultasikan hal itu ke dokter ya, Moms. Dokter biasanya akan meresepkan bahan yang relatif aman untuk kehamilan, seperti diphenhydramine dan doxylamine.

“Kebanyakan dokter kandungan merekomendasikan ini sebagai pilihan lini pertama, karena kami mengetahui lebih banyak tentang profil keamanan obat ini dalam hal kehamilan,” pungkas dr. Jones. (Ist/TSF/AA)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *