HeadlineWawaIndonesiaWawayWawayPemerintah

PERINGATI HARI PRAMUKA, EVA DWIANA MINTA PEMBINA BERIKAN BIMBINGAN DAN PEMBINAAN MENARIK, MENANTANG, DAN EDUKATIF

BANDARLAMPUNG, BUMIWAWAY.ID Walikota Eva Dwiana menjadi pembina upacara pada hari besar hari Pramuka ke 62 serta membuka kegiatan perkemahan penggalang, penegak, pandega se Lampung, yang digelar oleh gerakan Pramuka Kwartir Cabang kota Bandarlampung, Rabu (25/10).

Kegiatan ini di gelar di Bumi Perkemahan Cabang kota Bandarlampung jalan Kepayang, kelurahan Rajabasa, Kecamatan Rajabasa.

Dalam sambutannya, walikota Eva Dwiana menyampaikan gerakan Pramuka yang merupakan komitmen kuat dari para tokoh kepanduan di Indonesia agar anak bangsa tidak terkotak-kotak dengan berbagai gerak kepanduan, serta utuhnya persatuan dan kesatuan demi tetap tegaknya negara kesatuan Republik Indonesia.

“Sehingga pentingnya menyatukan gerakan kepanduan di Indonesia yaitu gerakan Pramuka, Praja Muda Karana, kaum muda yang suka berkarya, hanya satu pramuka untuk satu Indonesia,” tegasnya.

Baca Juga  DEKLARASI ASN NETRAL UNTUK PEMILU, KOMITMEN WUJUDKAN ASN BERMARTABAT DAN DEMOKRATIS DEMI TERWUJUDNYA PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA

Menurut orang nomor satu di kota tapis berseri ini, tugas pokok strategis yang dipikul gerakan pramuka adalah menyelenggarakan pendidikan kepramukaan berdasarkan nilai-nilai dan kecakapan sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 12 tahun 2010.

“Anggaran dasar dan anggaran rumah tangga gerakan pramuka yakni keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Kepedulian dan Kecintaan terhadap tanah air dan bangsa, kepedulian terhadap alam dan semesta, kepedulian terhadap diri sendiri, pengamalan Satya dan Dharma,” tuturnya.

Lanjutnya, kelima nilai tersebut merupakan prinsip dasar pendidikan kepramukaan dengan tetap memegang teguh kode kehormatan Pramuka.

“Menuju terbentuknya anak bangsa yang berkarakter, berakhlak mulia,berbudi pekerti luhur dengan smenagat kebangsaan yang kuat,” imbuhnya.

Dia mengatakan pendidikan keterampilan anggota pramuka, baik keterampilan umum maupun keterampilan khusus merupakan bentuk keterampilan yang dapat dikembangkan sebagai keterampilan hidup/life skill secara profesional demi menyambut masa depan yang gemilang bagi diri sendiri, bangsa, dan negara.

Baca Juga  RANDIS PEMKOT BANDARLAMPUNG DIDUGA DIPAKAI UNTUK MEMASANG BENDERA PARPOL

” Melalui gerakan pramuka diharapkan mampu melahirkan kader-kader bangsa yang religius, nasionalis dan terampil sebagai patriot bela negara dan patriot pembangunan bangsa,” harapnya.

Dalam kesempatan ini, Eva juga meminta kepada Kakak pembina untuk memberikan bimbingan dan pembinaan dengan kegiatan yang menarik, menantang, edukatif, sebagai andalan mampu menetapkan kebijakan untuk meningkatkan kompetensi pembina secara kualitatif dan kuantitatif, menciptakan peluang untuk menempa diri dan berkiprah dalam pembangunan masyarakat dan bangsa.

“Pendidikan kepramukaan sebagai salah satu jalur pendidikan ekstrakulikuler dalam sistem pendidikan nasional merupakan tanggung jawab kita semua sesuai dengan tugas pokok dan fungsi kita masing-masing di semua jenjang,” ungkapnya.

Baca Juga  MUSIM KEMARAU, CAMAT KEDATON IMBAU KEPADA WARGA WASPADA TERJADINYA KEBAKARAN

Eva menegaskan menyikapi berbagai dinamika dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, empat pilar yang ahrus dipegang teguh serta menjadi komitmen bersama yakni Pancasila, UUD RI 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

“Setiap individu anggota gerakan pramuka memiliki tanggung jawab moral yang besar untuk mampu menghayati, mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman hidup dalam bermasyarakat – berbangsa dan bernegara,” tegasnya.

Eva juga mengimbau agar hari Pramuka ke 62 tingkat kwartir cabang gerakan pramuka kota Bandarlampung tahun 2023 sebagai momentum kebangkitan gerakan pramuka di seluruh tingkat pendidikan sekolah, perguruan tinggi, organisasi profesional serta masyarakat. (Din/N)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *