HeadlineWawaIndonesiaWawayWawayPengetahuanWawayPristiwa

FAKTOR NAIKNYA HARGA BAHAN POKOK

BANDARLAMPUNG, BUMIWAWAY.ID – Menjelang Ramadhan Tahun 1443 Hijriyah ini, beberapa komoditas bahan pokok mengalami kenaikan harga, sehingga cukup memberatkan masyarakat. Senin (28/3)

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Bandarlampung, I Kadek Sumartha mengatakan, naiknya harga bahan pokok tersebut disebabkan beberapa faktor, salah satu faktornya adalah langkanya bahan bakar “Solar”.

“Karena langkanya solar, jadi yang menunggu ini kesulitan, kadang sampai 2 hari. Sehingga hasil pertanian 9 pokok yang masuk biaya nya juga meningkat, sehingga ini menyebabkan harga naik,” terang dia.

Baca Juga  WARGA BERDESAKAN AMBIL BLT

Ia menambahkan, selain bahan bakar, hal tersebut disebabkan oleh daya beli masyarakat yang cukup meningkat menjelang Ramadhan, terlebih jelang Hari Raya Idul Fitri dan penurunan permintaan juga bisa menyebabkan kenaikan harga.

“Karena pangan kan produk yang mudah rusak, sehingga dinaikkan harga untuk mengcover bahan pokok yang mengalami kerusakan tadi. Agar tidak terjadi kelangkaan,” beber Kadek.

Baca Juga  HARGA CABAI RAWIT NAIK PESAT PER KILOGRAMNYA

Dia menambahkan, kenaikan harga ini hampir rata di semua daerah, karena secara nasional semua komoditas bahan pokok pada naik.

Kadek mengaku, pihaknya sangat berusaha menjaga stabilitas pasokan dan keterjangkauan harga pangan di masyarakat dengan memastikan tidak adanya penimbunan barang.

“Dalam waktu dekat ini, kami akan mengecek komoditi 9 bahan pokok yang naik, untuk menjaga kestabilan harga,” tandas dia. (TSF/AA)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *