HeadlineWawaIndonesiaWawayWawayPemerintahWawayPolitik

WALIKOTA EVA AJAK SEMUA ELEMEN MASYARAKAT AWASI PEMILU 2024

BANDARLAMPUNG, BUMIWAWAY.ID – Walikota Bandarlampung Eva Dwiana menghadiri apel siaga pengawasan satu tahun menuju pemilu 2024 oleh Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu) Kota Bandar Lampung di Hotel Emersia. Selasa (14/2).

Dalam kesempatan ini walikota Eva Dwiana menyampaikan dengan adanya apel siaga pengawasan satu tahun menuju pemilu 2024 pelaksanaan pemilu bisa berjalan dengan lancar di kota Bandarlampung.

“Harapan kita semuanya kota Bandarlampung berjalan aman, damai sesuai dengan harapan kita,” ujarnya.

Bunda Eva sapaan akrabnya menanggapi tentang launching dari Bawaslu ‘awasi jarimu’ saat pelaksanaan pemilu 2024. Ia mengajak semua elemen masyarakat untuk mengawasi pelaksanaan pemilu.

“Bagi yang tidak datang ayook datang ke TPS masing-masing, dan diharapkan semua elemen masyarakat baik itu tokoh agama bisa mengawasi karena satu suara itu penting untuk kita semua,” ungkapnya.

Menurut orang nomor satu di kota Tapis Berseri ini pemerintah kota akan membantu Bawaslu dalam pembangunan gedung baru.

“Kita kan pemerintah harus bersinergi dengan siapapun juga, gedung forkopimda kita bangun, perguruan tinggi kita juga yang bangun. Kalau tidak begitu tidak ada pembangunan nanti,” tuturnya.

Sementara itu, ketua Bawaslu kota Bandarlampung Chandrawansah mengatakan pada pukul 07.00 wib pihaknya sudah melaksanakan apel siaga pengawasan pemilu dan kita akan mengkoordinasikan dengan pihak terkait.

“Sekarang ini sudah berjalan beberapa tahapan pemilu, diantaranya verivikasi vaktual calon anggota DPD, pemutakhiran daftar pemilih jadi kita intruksikan dan memotivasi kepada jajaran kita (panwaslu Kecamatan dan Panwaslu kelurahan) SE kecamatan yang tadi mengikuti apel,” katanya.

Selain itu, Bawaslu juga melaunching posko kawal hak pilih dalam rangka meminta kepada masyarakat yang belum masuk dalam daftar pemilih nanti untuk melaporkan ke pengawas pemilu.

“Karena setiap kecamatan jajaran kita membuka posko. Dan laporkan ke posko tersebut secara formal tetapi diusahakan dilengkapi dengan jati diri atau KTP lampirkan agar kita bisa merekomendasikan ke teman-teman KPU untuk dimasukkan ke dalam daftar pemilih untuk pemilu di tahun 2024,” kata dia.

Ia menambahkan dalam kesempatan ini Bawaslu juga melaunching ‘awasi jarimu’ yang diharapkan bisa mendekatkan Bawaslu dengan masyarakat.

“Masyarakat bisa memberikan informasi melalui android kepada pengawas pemilu atau melaporkan secara on-line kepada pengawas pemilu yang sebentar lagi akan di launching dengan Bawaslu RI,” ujarnya.

Menurut dia, nantinya akan ada aplikasi soft digital yang bisa diakses oleh masyarakat. “Nanti disitu terdapat beberapa form dan terdapat informasi kegiatan Bawaslu terdapat regulasi yang mengatur tentang pemilihan dan bisa diakses oleh masyarakat,” bebernya. (Din/AA)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *