HeadlineWawaIndonesiaWawayWawayOrganisasiWawayPristiwa

TRADISI MA LAMANG DAN MAKAN BAJAMBA SAMBUT PELANTIKAN PENGURUS DPW PKDP PROVINSI LAMPUNG

BANDARLAMPUNG, BUMIWAWAY.IDWarga Lampung asal Piaman yang tergabung dalam satu wadah organisasi sosial kemasyarakatan yaitu Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) Provinsi Lampung kembali menghelat acara tradisi yang jatuh pada bulan maulid awal bulan depan yang santer di Minang Kabau Sumatera Barat khususnya daerah Piaman dengan tradisi “Ma lamang dan Makan Bajamba”. Kamis (26/10).

Kegiatan ini diadakan dalam rangka Persiapan Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah Persatuan Keluarga Daerah Piaman ( DPW PKDP ) Lampung insya Allah di laksanakan tanggal 5 November 2023 di Kantor DPW PKDP Lampung atau Surau Pariaman / PKDP yang beralamat di Jl.Kimaja Gang Kelapa No.1 Sepang Jaya Way Halim Bandar Lampung.

Ketua Panitia Arman Chaniago menyampaikan dalam rapat persiapan pemantapan, pelantikan akan di lakukan oleh Ketua DPP PKDP Pusat beserta jajaranya, akan di hadiri oleh Gubernur Sumatera Barat Buya H.Mahyeldi Hansarullah S, P. Datuak Marajo, Bupati Padang Pariaman Bpk Suhatri Bur SE MH Datuak Putiah, Walikota Pariaman , Gubernur Lampung atau yg mewakili.

Baca Juga  Polda Ringkus Pelaku Curas

“Serta 13 Ketua DPD PKDP Se Kabupaten Kota Porvinsi Lampung, Ketua KBSB Provinsi dan Kota, serta Bundo Kandung KBSB , Ketua Jurai dan anggota se Bandar Lampung, Kepala Badan Karantina Ikan , Ketua Pengadilan Tinggi Agama Lampung Bpk DR.H. Insyafli SH MH, IMAMI( Ikatan Mahasiswa Minang ) Lampung, IKM (Ikatan Keluarga Minang) ITERA, AAM ( Anak Mudo Minang) Lampung dan Ormas lainya,” paparnya.

Baca Juga  Eva Antisipasi Banjir

Di tambahkan oleh Mulyadi Philiang S,Ag, M.Sos selaku Ketua Terpilih dengan musyawarah mufakat/ aklamasi di samping pelantikan, kegiatan ini juga diisi dengan acara budaya yang tidak pernah berhenti dari tahun ke tahun di kampung halaman khususnya di Piaman yaitu ma lamang dan makan bajamba.

“Tradisi Tambur atau hoyak Tabuik dengan Tabuik Miniatur, Tari Galombang di iringi Pencak Silat, selanjutnya Ceramah singkat menyambut bulan maulid Nabi Muhammad Saw, siangnya di isi dengan Seminar Singkat Narasumber/pembicara Gubernur Sumatera Barat dan Bupati Padang Pariaman dengan Tema Baliak Ka Surau Bangun Kampuang, ” tegasnya

Hal senada diamini oleh Herman Hosen mewakili Dewan Niniak Mamak PKPD Lampung, kegiatan ini mengingat kembali begitu besar upaya dan usaha warga Lampung asal Piaman bersatu.

Baca Juga  PENGURUS SAH LMP AKAN TEMPUH JALUR HUKUM

“Bertekat bulat sekaligus membuktikan bahwa warga Piaman mampu membangun surau, diberi nama Surau Pariaman dan kantor dengan ciri khas minang atap bergonjong” ungkapnya.

“Dengan di laksanakannya baralek gadang dengan tradisi Ma lamang dan makan Bajamba, serta siangnya diisi dengan ceramah singkat dan Sarasehan, serta di tutup pada malam harinya dengan Lelang Kue Singgang Ayam diiringi Dendang Kim (hiburan berhadiah), tentunya ini akan mengundang pengunjung akan hadir dari berbagai pelosok Kabupaten Kota se Provinsi Lampung khususnya Piaman dan warga Lampung Asal Sumatera Barat umumnya. “kata Herman. (Din/N)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *