HeadlineWawaIndonesiaWawayWawayPemerintahWawayPengetahuanWawayPristiwa

PERINGATI HUT KE 58 PEMPROV LAKUKAN GERAKAN NASIONAL BBI

BANDARLAMPUNG, BUMIWAWAY.ID – Peringati HUT Ke-58 Provinsi Lampung Gubernur Lampung Arinal Djunaidi lakukan Kick Off Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) Tahun 2022, di Mahan Agung, Rumah Dinas Gubernur Lampung,Kamis (17/3)

“Saya mengucapkan terimakasih, karena bertepatan dengan HUT ke-58 Provinsi Lampung yang kita cintai ini Provinsi Lampung menjadi movement area dari penyelenggaraan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) di Tahun 2022. Hal ini juga menjadi salah satu bentuk hadiah bagi HUT Lampung yang Ke-58,” ucap Arinal.

Menurut Arinal Perayaan Hari Jadi Provinsi Lampung pada tahun ini adalah wujud rasa syukur, sekaligus doa agar Provinsi Lampung selalu dilimpahkan keselamatan serta rahmat dari Allah SWT. Adapun Kick Off Gernas BBI akan diselenggarakan sebagai tahap awal peluncuran dari serangkaian kegiatan, sampai pada saatnya nanti Acara Puncak pada bulan Juni 2022 yang rencanannya akan dibuka langsung oleh Bapak Presiden RI.

Baca Juga  BPPRD KOTA BANDARLAMPUNG LAKUKAN PENGAWASAN TAPPING BOX

Pada kesempatan tersebut, Gubernur juga mengucapkan apresiasi kepada Pemerintah Pusat, jajaran Pemerintah Provinsi Lampung, Pemerintah Kabupaten/Kota, dan seluruh masyarakat, yang mana walau di masa pandemi yang cukup berat, kita semua tetap berusaha memberikan yang terbaik bagi Lampung tercinta. “Alhamdulillah berkat dukungan dan kerja keras kita semua, maka Provinsi Lampung dapat menorehkan prestasi melalui beberapa penghargaan di tahun 2021,” kata dia.

Adapun beberapa penghargaan yang berhasil diperoleh Pemerintah Provinsi Lampung Pada tahun 2021 antara lain :

  1. Produksi padi tertinggi secara nasional sebesar 22,47%, diapresiasi oleh Presiden RI melalui penghargaan Abdi Bhakti Tani.
  2. 10 Besar Provinsi terbaik Pembangunan Daerah Tahun 2021 dari Presiden RI.
  3. Anugerah Paramakarya Tahun 2021 dari Kementerian Ketenagakerjaan RI.
  4. Anugerah Parahita Ekapraya Tahun 2021 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI
  5. Penghargaan TPAKD Award kategori penyedia akses keuangan sektor pertanian.
  6. Penghargaan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Award 2021
  7. Juara Umum Teknologi Tepat Nasional 2021
  8. Penghargaan Terbaik Pengelolaan APBD Tingkat Nasional serta 7 kali berturut-turut memperoleh WTP
  9. Mencapai rekor tertinggi untuk kinerja nilai ekspor Provinsi Lampung di Tahun 2021, yakni sebesar 4,8 miliar USD
  10. Program Klaster pangan strategis tahun 2021 kepada KPT Maju Sejahtera Lampung Selatan.
  11. Juara Terbaik I UMKM Terinovatif Bank Indonesia bekerjasama dengan Kementerian dan Perikanan Republik.
Baca Juga  PEMPROV LAMPUNG GELAR PERINGATAN NUZULUL QUR'AN 1444 H TAHUN 2023

Sementara itu Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (Dirjen IKMA) Kemenperin Reni Yanita menyatakan bahwa Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) merupakan gerakan bersama pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat untuk mencintai dan membeli produk lokal. Pemerintah akan terus mengkampanyekan semangat cinta, beli dan pakai produk dalam negeri, agar industri Indonesia dapat terus bertumbuh di negeri sendiri.

“Sejak peluncuran Gernas BBI pada Mei 2020 hingga Desember 2021, jumlah UMKM/IKM onboarding sudah mencapai 9.208.680 unit. Total UMKM/IKM onboarding kini mencapai 17.208.680 unit dengan kenaikan mencapai 115% dari awal ketika BBI diluncurkan,” kata dia.

Baca Juga  POLSEK PANJANG LAKUKAN OLAH TKP PENEMUAN MAYAT DIKAMPUNG KEBUN SAYUR PANJANG UTARA

Penyelenggaraan Gernas BBI 2022 memiliki konsep yang berbeda dibanding tahun sebelumnya. Kemenperin bersama dengan Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota di Lampung, Bank Indonesia, OJK, top brands, Himbara, dan Dekranasda akan melakukan pendampingan intensif selama 3 bulan kepada 30 IKM terpilih, yang sebelumnya dijaring melalui website esmartikm.id sejak Februari lalu. Dari 478 pendaftar, hari ini telah diumumkan 30 IKM terpilih melalui proses kurasi yang dilakukan oleh Kemenperin, Bank Indonesia, Dinas Perindag Provinsi Lampung, Dekranasda Lampung dan praktisi.

Selanjutnya, 30 IKM terpilih akan mengikuti pendampingan literasi digital, pengembangan bisnis, pelatihan pengembangan produk (dari segi kemasan, kekayaan intelektual, standardisasi, hingga kualitas produk. (KL/Din/AA)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *