HeadlineWawaIndonesiaWawayWawayPemerintahWawayPristiwa

KOMINFO KOTA BANDARLAMPUNG LAKUKAN PERBAIKAN TERHADAP EMPAT SITUS WEBSITE YANG MENGALAMI PERETASAN

BANDARLAMPUNG, BUMIWAWAY.ID – Keamanan informasi dan data pemerintah, khususnya melalui website ternyata sangat rawan untuk diretas. Dari informasi yang dihimpun, situs website milik pemerintah kota ada empat subdomain yang mengalami peretasan. Senin (12/9).

Kepala Dinas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Ahmad Nurizki menyampaikan empat subdomain milik pemerintah kota Bandarlampung sempat mengalami gangguan.

” Kemarin (11/9) siang ada sedikit gangguan terhadap beberapa subdomain di web kota,” katanya.

Namun, lanjutnya, pihak dinas Kominfo kota Bandarlampung langsung melakukan perbaikan pada hari itu juga.

” Alhamdulillah, sudah kita perbaiki dan sudah normal kembali. Kita konfirmasi ke tim IT saya juga dan juga sudah disiapkan langsung diperbaiki hari itu juga, cuma sebentar kok itu, hanya 2 jam saja. Sekarang sudah bisa diakses kembali kok,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Nurizki juga menerangkan peretasan yang terjadi di subdomain website Satpol PP kota , KORPRI, Inspektorat kota, Koperasi. ” Ini hanya websitenya saja gak bisa dibuka hanya ada gambar lain. Kedepannya kita akan memperkuat lagi terkait dengan pengamanan terkait dengan data digitalisasinya,”terangnya.

Menurut dia, peretasan yang terjadi kemarin siang ini, tidak ada yang mengakibatkan kebocoran data formil. ” Mungkin ini dipengaruhi oleh servernya. Tidak ada data formil yang bocor, itu hanya data pelaksanaan kegiatan saja,” ungkapnya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat kota Bandarlampung untuk memperkuat lagi keamanan siber data. ” Sekarang ini kan marak terjadi peretasan seperti ini, jadi diharapkan khususnya dikalangan pemerintah ataupun yang lainnya untuk lebih memperkuat lagi keamanan data digitalisasi,” imbaunya. (Din/AA)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *