HeadlineWawaIndonesiaWawayWawayPemerintah

GUBERNUR ARINAL MENERIMA PENGHARGAAN LENCANA PEMBINA TINGKAT PROVINSI DARI MENTERI DESA, PDTT REPUBLIK INDONESIA

BANDARLAMPUNG, BUMIWAWAY.ID – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menerima Penghargaan Lencana Pembina Tingkat Provinsi dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia (PDTT RI) Abdul Halim Iskandar, pada _Opening Ceremony_ Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara XXIV (TTGN) Provinsi Lampung di Hall C Pusat Kebudayaan dan Olahraga (PKOR) Way Halim, Bandar Lampung, Rabu (07/06/2023).

Menurut Menteri PDTT, penghargaan tersebut diberikan kepada Gubernur Lampung atas kontribusinya dan kerja keras Gubernur Arinal Djunaidi dalam membina Pengembangan Teknologi Tepat Guna Desa.

Pada kesempatan tersebut Menteri mengucapkan selamat kepada Gubernur dan para Bupati, serta seluruh pemenang lomba teknologi tepat guna asal Lampung.

“Pada kegiatan yang lalu di Cirebon, Provinsi Lampung banyak memperoleh penghargaan pada lomba teknologi tepat guna, sekarang pun demikian, Provinsi Lampung sebagai tuan rumah banyak memperoleh penghargaan, sekali lagi saya ucapkan selamat,” ucap Menteri.

Baca Juga  DANDIM 0410/KBL MENERIMA PAKET SEMBAKO DARI PAGUYUBAN SOSIAL MARGA TIONGHUA INDONESIA (PSMTI)

Kemudian dalam sambutannya Menteri juga menekankan pentingnya inovasi dan penerapan teknologi tepat guna tingkat desa, bahkan menurut menteri, begitu pentingnya, Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 sampai menyebut teknologi tepat guna sampai 4 kali.

“Bapak-ibu yang saya hormati, penekanan pada undang-undang tersebut, menunjukan pentingnya penggunaan teknologi tepat guna menuju kemandirian desa, dan ini berarti bahwa penggunaan dana desa sangat direkomendasikan untuk inovasi dan pengembangan teknologi tepat guna,” ucap Menteri.

Sementara itu Gubernur Arinal Djunaidi mengatakan bahwa Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) merupakan event nasional yang diselenggarakan setiap tahun, dalam rangka penyebarluasan informasi dan promosi yang terkait dengan teknologi tepat guna dalam upaya percepatan alih teknologi dari inventor/penemu kepada masyarakat pengguna yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi UMKM yang begitu banyak di Desa.

Baca Juga  KEPERGOK CURI MOTOR, RESIDIVIS CURANMOR ASAL LAMPUNG TIMUR DITANGKAP POLSEK PANJANG

“Kegiatan Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara, sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam mendorong dan memotivasi pengembangan daya kreativitas dan inovasi Teknologi Tepat Guna yang mempunyai prospek, untuk mengembangkan kegiatan usaha ekonomi produktif dan kreatif berbasis potensi unggulan Desa/Daerah,” paparnya.

Kegiatan Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara, menurut Gubernur juga digunakan sebagai ajang tukar informasi teknologi yang ditemukan antara Desa satu dengan Desa lainnya, antara Provinsi satu dengan Provinsi lainnya. Dengan demikian diharapkan adanya motivasi bersama masyarakat dalam mengembangkan, dan meningkatkan kinerja pengelolaan lembaga Posyantek Desa sebagai upaya pengoptimalan peran, tugas dan fungsinya dalam rangka alih teknologi dan pendayagunaan sumberdaya lokal melalui pengembangan dan penerapan teknologi tepat guna.

Gubernur juga berharap agar kegiatan TTGN ini dapat memberikan manfaat bagi semua kalangan, terutama terhadap kemajuan pembangunan berkelanjutan di Desa khususnya dan di Indonesia pada umumnya.

Baca Juga  GUBERNUR ARINAL DIDAMPINGI KETUA DEKRANASDA PROVINSI LAMPUNG KUNJUNGI SENTRA INDUSTRI KERAJINAN DAN DESA WISATA KAMPUNG TAPIS

Selain itu Gubernur juga mengucapkan terima kasih karena Provinsi Lampung dipercaya sebagai tuan rumah Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara XXIV Tahun 2023 ini.

“Ucapan terimakasih yang tulus, juga saya sampaikan kepada semua pihak yang telah berperan dalam menyelenggarakan acara ini Saya berharap acara ini memberikan inspirasi dan memotivasi kita semua untuk terus berinovasi demi kemajuan bangsa dan negara kita,” pungkas Gubernur.

Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara XXIV (TTGN) Provinsi Lampung diikuti oleh 37 Provinsi dari seluruh Indonesia, dimana pada kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 1 – 11 Juni 2023 tersebut akan digelar beberapa kegiatan, diantaranya Pesta Rakyat, Lokakarya, Widya Wisata, Temu Bisnis, Fashion show, Lomba Cepat Tepat Nusantara, Seni Budaya, dan lain sebagainya. (KL/Din/AA)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *