HeadlineWawaIndonesiaWawayWawayKeuanganWawayPengetahuanWawayPristiwa

BAWANG MERAH ALAMI KENAIKAN

BANDARLAMPUNG, BUMIWAWAY.ID – Harga komoditi bahan pokok masakan beberapa pekan ini terus mengalami kenaikan, tetapi tidak untuk harga bawang merah yang mengalami penurunan. Hal itu terpantau dibeberapa pasar tradisional yang ada di Kota Bandarlampung. Senin (7/3).

Mengenai adanya penurunan harga bawang merah dan naiknya harga bawang putih, Yudi (68) salah satu pedagang pasar tamin menjelaskan, bahwa harga bawang merah saat ini Rp26.500 per kilogram, dimana sebelumnya mencapai Rp28.000 per kilogram. Untuk harga bawang putih saat ini Rp22.000 per kilogram, yang sebelumnya hanya Rp20.000 per kilogram.

Baca Juga  EVA DWIANA IMBAU PELAJAR TIDAK LAKUKAN AKSI CORET-CORET SERAGAM

“Sekarang bawang merah sudah turun, yang tadinya Rp28.000 sekarang Rp26.500 per kilogramnya. Kalo Bawang putih naik sedikit yang tadinya Rp20.000 bisa sampai Rp22.000 per kilogramnya,” Jelas Yudi.

Ia juga mengatakan, bahwa untuk para pembeli, tidak mengalami penurunan. Untuk naiknya harga bawang putih saat ini, ia mengaku belum mengetahui penyebabnya.

“Sebenarnya nggak ada pengaruh ke pembeli, kalau pembeli tergantung harga pasaran si, kalau pasaran naik ya mereka ikut naik. Kalau nggak beli ya nggak dapet barang, karena kondisinya lagi naik. Kalau bawang putih kita ngambil dari jakarta, jadi kita nggak tau kenapa bisa naik, sampai sini sudah naik,” Ucap dia.

Baca Juga  MENJELANG RAMADHAN HARGA KUE KERING IMBAS MENGALAMI KENAIKAN

Sementara, Refan yang juga sebagai penjual bawang di pasar tamin mengatakan, untuk harga bawang merah karungan saat ini Rp26.000 per kilogram, dan harga eceran mencapai Rp30.000 per kilogram. Dan bawang putih karungan hanya Rp21.000 per kilogram, dan harga eceran sendiri mencapai Rp24.000 per kilogram.

“Ya sebenernya naik nggak banyak si, bawang merah
Kalau karungan Rp26.500 per kilogram, eceran Rp30.000 per kilogram. Bawang putih kalo beli sakarung, itu harganya Rp21.000 per kilogram, dan ecerannya Rp24.000 per kilogram,” Kata dia.

Baca Juga  GUBERNUR ARINAL DJUNAIDI DUKUNG PENGEMBANGAN KOMODITI PERKEBUNAN DI KABUPATEN TANGGAMUS

Ia juga menjelaskan, turun dan naiknya harga bawang saat ini terbilang relatif, dikarenakan macam-macamnya barang yang tersedia.

“Sebelumnya bawang merah agak turun, kalau bawang merah itu relatif si, tergantung barang. Namanya macem-macem, ada juga yang Rp20.000 per kilogram. Kalau bawang putih biasanya Rp20.500, ya nggak terlalu banyak naiknya,” Pungkas dia.

Para pedagang berharap, pemerintah bisa terus memperhatikan harga-harga komoditi yang masih terus mengalami kenaikan, sehingga para pembeli yang berkunjung ke pasar bisa stabil dan semakin ramai. (TSF/AA)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *