HeadlineWawaIndonesiaWawayWawayGayaHidupWawayWarna

8 MAKANAN TERBAIK DAN PENTING UNTUK KESEHATAN RAMBUT, KULIT, DAN KUKU

BUMIWAWAY.ID – Apakah kamu sering berpikir bahwa rambut, kulit, dan kuku yang sehat harus berasal dari produk kecantikan ternama? Hal ini sebenarnya tidak salah, Ladies. Produk-produk tersebut memang dapat membantu memanjangkan rambut, memperkuat kuku, hingga menjaga kesehatan kulit.

Namun tidak hanya fokus pada perawatan dari luar, kamu juga perlu memperbaiki pola makan alias diet terlebih dahulu. Dikutip dari Healthline, Alain Michon, seorang profesional medis bersertifikat dari American Academy of Aesthetic Medicine mengungkap, “Kulit dan tubuh menjadi cerminan dari apa yang dimasukkan ke dalam tubuh.”

Lantas, bagaimana makanan benar-benar bisa bermanfaat untuk rambut, kulit, dan kuku yang lebih sehat? Simak penjelasan selengkapnya dalam artikel ini, Ladies!

Apakah makanan dapat memengaruhi rambut, kulit, dan kuku?

Makanan memang dapat mendukung kesehatan tubuh. Tidak hanya kesehatan organ-organ seperti jantung, makanan juga bermanfaat untuk rambut, kulit, dan kuku. Berikut penjelasannya dari berbagai penelitian yang berkembang dan beragam.

Rambut

Sebuah studi di tahun 2020 dari data 24 artikel, menjelaskan lebih dari 1.700 pasien menyarankan diet Mediterania yang mengonsumsi makanan kaya akan sayuran mentah dan herba segar, serta diet tinggi protein dan kedelai dapat menjadi terapi pelengkap bagi pengidap alopesia tanpa jaringan parut (kerontokan rambut).

Selain itu, studi yang diterbitkan pada artikel online di tahun 2016 juga menunjukkan bahwa perempuan yang mengadopsi diet rendah glisemik (mengontrol gula darah) yang sering makan karbohidrat kompleks, vitamin A, B, dan C, serta mineral dan magnesium akan mengalami kerontokan rambut yang lebih sedikit selama menopause

Baca Juga  PEMPROV LAMPUNG TERIMA ANUGERAH REKSA BANDHA DARI KEMENKEU RI

Kulit dan kuku

Review ilmiah dari Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics pada 2022 menjelaskan bahwa pola makan nabati yang sehat dapat bermanfaat untuk kesehatan dan fungsi skin barrier (penghalang kulit).

Lebih lanjut, ulasan di tahun 2019 yang dilakukan oleh National Library of Medicine mengungkap orang yang kekurangan nutrisi mikro (berasal dari makanan) cenderung memiliki kuku dan kulit yang kurang sehat.

Makanan untuk tingkatkan kesehatan rambut, kulit, dan kuku

Nutrisi yang berasal dari dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari bisa menjadi cara yang lebih murah dan minim risiko untuk memperbaiki pertumbuhan rambut, kulit, dan kuku. Simak deretan makanan di bawah ini yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan kecantikan, khususnya bagi kesehatan rambut, kulit, dan kuku.

1. Ikan yang berlemak

Ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 (fatty fish) bermanfaat untuk rambut dan kuku. Kandungan ikan berlemak ini dapat membantu mengurangi peradangan dan kemerahan pada tubuh dan kulit. Beberapa ikan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah ikan salmon, haring, dan kembung.

Baca Juga  CALON SISWA POLRI TANDA TANGANI PAKTA INTEGRITAS DAN PENGAMBILAN SUMPAH

2. Ubi jalar

Ubi jalar penting untuk kesehatan karena kandungan beta-karoten yang bisa merangsang vitamin A. Vitamin A tersebut berguna untuk meningkatkan produksi keratin yang bermanfaat untuk kesehatan kulit dan kuku. Ada pula penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan anthocyanin dalam ubi ungu punya sifat antioksidan yang memperbaiki peradangan kulit dan melindungi dari radikal bebas.

3. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Biji bunga matahari jadi salah satu sumber yang baik untuk biotin, protein, dan vitamin E. Di samping itu, ada kacang-kacangan seperti almond dan kenari yang juga punya kandungan antioksidan vitamin E untuk membantu mengurangi kerusakan oksidatif tubuh. Kacang-kacangan dan biji-bijian yang umumnya kaya akan vitamin E bermanfaat sebagai anti-inflamasi yang menyerap sinar UV, melindungi dari kerusakan kulit seperti penuaan, garis halus, dan sun spot (bintik hitam di kulit akibat paparan sinar matahari).

4. Alpukat

Healthline melansir, alpukat kaya akan lemak dan nutrisi sehat yang bagus untuk tingkatkan kesehatan kulit dan kuku, yakni ada vitamin C, vitamin A, dan vitamin E. Sumber dari Food Data Central mengungkap satu gelas alpukat yang dihaluskan mengandung 23 miligram vitamin C, 16,1 miligram vitamin A, dan sekitar 5 miligram vitamin E. Kandungan alpukat yang kaya nutrisi dapat membantu produksi kolagen, mengurangi penuaan yang ditandai dengan munculnya keriput.

Baca Juga  BUPATI NANANG BUKA GELARAN MOTOCROSS DAN GRASSTRACK DIRTWAR CHAMPIONSHIP 2022 SEKALIGUS RESMIKAN ARENA SIRKUIT WAY RAGOM

5. Telur

Telur baik dikonsumsi oleh kamu yang punya masalah rambut rontok. Pasalnya rambut terbuat dari protein yang disebut keratin, jadi diet untuk menambah protein bisa membantu memperbaiki rambut rusak. Satu butir telur besar punya kandungan sekitar 7 gram protein.

6. Sayuran yang berdaun hijau gelap

Sayuran hijau sangat bermanfaat untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut, kulit, dan kuku. Sayuran hijau gelap yang bisa dikonsumsi ada bayam, kubis, swiss chard, pakcoy, dan collard greens.

7. Tiram

Tiram merupakan sumber seng yang sangat baik. Kandungan seng sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut dan perbaikan jaringan, Ladies. Satu porsi tiram yang berisi 97,5 zink juga punya kandungan protein sebanyak 14,2 gram per cangkir.

8. Makanan yang kaya air

Selain air minum, ada beberapa makanan yang punya kandungan air cukup banyak untuk memenuhi cukupi asupan air. Beberapa makanan yang memiliki kandungan air tinggi adalah mentimun, semangka, seledri, apel, persik, tomat, selasa, blewah, stroberi.

Nah, makanan yang kaya manfaat ini ternyata cukup mudah ditemui. Mulai sekarang, yuk perbanyak konsumsi makanan sehat agar kamu juga jadi lebih sehat dengan rambut, kuku, dan kulit yang cantik. (Ist/TSF/AA)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *