HeadlineWawaIndonesiaWawayWawayPemerintahWawayPendidikan

PROGRAM KEPALA SEKOLAH MENGABDI, UPAYA MENINDAKLANJUTI PROGRAM SMART SCHOOL

BANDARLAMPUNG, BUMIWAWAY.ID Gubernur Arinal Djunaidi melakukan Pelepasan Kepala SMK Mengabdi Angkatan I Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Tahun 2023, di Mahan Agung, Selasa (09/05/2023).

Menurut Gubernur Arinal Djunaidi, Program Kepala Sekolah Mengabdi merupakan suatu terobosan yang sangat baik dalam upaya menularkan tata cara pengelolaan sekolah yang baik ke sekolah-sekolah lain di kabupaten, mendorong penguatan kapasitas kepala sekolah, dan mengurangi kesenjangan kualitas pendidikan di wilayah Provinsi Lampung.

Program ini juga merupakan bagian implementasi dari nawa cita nomor tiga dan lima yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dan meningkatkan kualitas hidup manusia melalui peningkatan kualitas Pendidikan.

“Dengan dilaksanakannya Program Kepala Sekolah Mengabdi ini, saya harapkan sekolah akan lebih memahami program yang memfokuskan pada bidang pembelajaran di sekolah,” kata Gubernur.

Baca Juga  WALIKOTA BERIKAN ARAHAN DAN PERHATIAN KHUSUS DI HARI PENDIDIKAN NASIONAL

Gubernur Arinal selanjutnya meminta kepada seluruh peserta program ini agar dapat mengimplementasikan pengalamannya dalam hal manajemen pendidikan berbasis sekolah. Gubernur juga meminta para kepala sekolah untuk saling bertukar pengalaman dan pengetahuan dalam mengelola satuan Pendidikan.

“Lakukan diskusi bersama dengan kepala sekolah dan guru-guru setempat, bagaimana melakukan perencanaan program sekolah yang baik dimulai dari evaluasi diri sekolah,” ucap Gubernur.

Di akhir arahannya, Gubernur Arinal berharap kepada seluruh peserta Program Kepala Sekolah Mengabdi SMK Provinsi Lampung untuk dapat bekerja sebagai Kepala sekolah yang humanis, dengan menyampaikan ilmu yang sudah didapat selama puluhan tahun kepada peserta didik dan tenaga pendidik di sekolah tujuan.

Gubernur juga mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung beserta jajaran, yang terus melakukan terobosan dan inovasi di bidang pendidikan, sehingga mutu dan kualitas pendidikan di Provinsi Lampung semakin meningkat.

Baca Juga  GUBERNUR ARINAL APRESIASI PENERAPAN DIGITALISASI KENAIKAN PANGKAT PNS, PEMPROV LAMPUNG SIAP MENGAKSELERASI TEKNOLOGI YANG DITERAPKAN BKN

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Sulpakar menjelaskan maksud dan tujuan program ini adalah untuk meningkatkan pemerataan mutu pendidikan, penguatan kapasitas kepala sekolah, memberikan pengalaman yang baik dalam pengeloalaan satuan pendidikan serta mengurangi kesenjangan kualitas pendidikan di Provinsi Lampung.

Adapun peserta yang mengikuti Program Kepala Sekolah SMK mengabdi angkatan I ini berjumlah 46 orang, terdiri dari Kepala Sekolah SMKN Bandar Lampung 9 orang, Metro 4 orang, Pringsewu 2 orang, Lampung Selatan 6 orang, Pesawaran 2 orang, Tanggamus 2 orang, Lampung Barat 3 orang, Pesisir Barat 1 orang, Lampung Utara 4 orang, Way Kanan 1 orang, Lampung Timur 4 orang, Lampung Tengah 4 orang, Tulangbawang Barat 1 orang, Tulangbawang 1 orang, Mesuji 2 orang.

Baca Juga  GUBERNUR ARINAL MEMBUKA KEGIATAN RAPAT PLENO TIM PERCEPATAN AKSES KEUANGAN DAERAH PROVINSI LAMPUNG SEMESTER II TAHUN 2022

“Pak Gubernur, kita pilih Kepala Sekolah yang punya kompetensi sehingga bisa menularkan atau memberikan contoh di daerah tujuan,” kata Kadis Pendidikan.

Peserta program ini akan ditempatkan di 12 Kabupaten, yaitu Kabupaten Pesisir Barat, Lampung Barat, Way Kanan, Mesuji, Tulangbawang Barat, Tulangbawang, Lampung Utara, Tanggamus, Lampung Timur, Lampung Tengah, Pringsewu dan Lampung Selatan dengan waktu pelaksanaan selama 5 hari, dari tanggal 15 Mei – 19 Mei 2023.

Program Kepala Sekolah Mengabdi ini juga sebagai upaya menindaklanjuti program _Smart School_ dimana Kepala Sekolah memiliki kemampuan dalam memberikan pembelajaran secara modern dan mampu meningkatkan mutu pendidikan. (KL/Din/AA)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *